Latest News

Cara Masak Cumi Basah

-- --
Cara Masak Cumi Basah Nikmat dan Bergizi Tinggi

Cara masak cumi basah Anda pastinya telah mengenali sebuah hewan laut yang mempunyai tentael dan bisa menyemprotkan tinta bernama cumi-cumi ini. Cumi-cumi termasuk binatang laut dan kerap dijadikan sebuah bahan dasar untuk menu-menu seafood yang sangat nikmat dan juga mantap. Hidangan dari hewan laut ini bisa menjadi menu yang bisa meningkatkan nafsu makan sehingga bertambah menjadi lebih besar dengan citarasanya yang sangat mantap dan lezat. Kali ini kami team resep masakan indonesia akan membahasnya untuk anda, jika dicermati kelezatan sebuah masakan termasuk di dalamnya seafood ini berada pada teknik pengolahan dan juga tentang ketepatan bumbu masaknya.

Cumi-cumi merupakan masakan yang sudah banyak menjadi favorit untuk pecinta kuliner atau makanan seafood. Dengan kekenyalan dagingnya yang khas dan rasanya yang sangat gurih, tidak dapat dipungkiri jika banyak orang yang menyukai hidangan dari hewan laut yang satu ini. Akan tetapi kendala di dalam memasak dan mengolah hewan laut yang satu ini adalah dagingnya yang cepat berubah menjadi alot serta sulit untuk dikunyah. Selain itu, cara masak cumi basah pada waktu membersihkan cumi-cumi pun juga harus dengan teliti. Namun, tentu saja hal yang seperti ini tidak perlu membuat Anda merasa takut dalam mencoba memasak binatang laut yang bernama cumi-cumi. Apabila teliti dan juga sabar pada waktu membuatnya, Pastinya Anda akan bisa membuat masakan cumi-cumi yang sangat nikmat dan lezat. Nah, Berikut ini merupkan langkah langkah atau  cara memasak cumi basah yang enak.

Bahan Utama cara masak cumi basah

    ½ kilogram cumi basah yang masih dalam keadaan segar
    7 butir bawang merah, iris sampai halus
    5 siung bawang putih, iris halus
    5 buah cabe, iris sampai halus
    4 ruas jahe, memarkan lalu iris sampai halus
    ½ sendok teh air jeruk nipis
    1 sendok teh kecap manis
    Garam seperlunya
    Gula pasir secukupnya
    Air asam jawa secukupnya
    Minyak goreng secukupnya

Cara Masak Cumi Basah Mudah

Terlebih dahulu bersihkan cumi anda, langkahnya dengan cara membuang pada bagian kulit ariny. Tapi biarkan kantung tintanya masih ada. Anda juga dapat memasukan bagian kepalanya pada bagian badannya. Lalu anda semat dengan menggunakan lidi ataupun dengan tusuk gigi. Siapkanlah wajan serta panaskan minyak. Selanjutnya cara masak cumi basah anda dapat melanjutkan dengan menumis jahe bersama dengan irisan bawang putih dan juga bawang merah. Tumis seluruh bahan tersebut sampai aromanya tercium wangi. Selanjutnya anda tambahkan cabai dan aduk berulang kali sampai layu.
   
Lalu selanjutnya cara masak cumi basah masukanlah cumi yang telah anda bersihkan sebelumnya, bersama dengan perasa makanan seperti halnya kecap, garam dan juga gula. Tuangkanlah air secukupnya pada wajan panas. Setelah itu lalu biarkan dan tutuplah wajan. Biarkanlah hingga bumbunya meresap ke dalam daging cumi-cumi itu dan bisa matang merata. Terakhir, masukanlah larutan air asam jawa pada masakan anda sambil terus mengaduk sampai semua bahan merata. Dan sesudah matang, lalu anda bisa mengangkatnya serta menyajikan hidangannya di atas piring saji. Sajikanlah selagi masih hangat bersama dengan nasi supaya lebih nikmat.

Demikianlah resep masak dari cumi basah yang mempunyai cita rasa yang begitu nikmat. Nikmatnya hidangan ini begitu pas dijadikan untuk teman nasi ataupun teman makan anda. Menu seafood cumi memang begitu populer pada kalangan pecinta kuliner. Sebab cukup mudahnya bahan baku disamping juga, sebab rasa dan cara pengolahannya yang dirasa tidak begitu sulit juga. Untuk anda yang sangat suka dengan hidangan berbahan dasar cumi serta ingin mencoba membuat resep serta cara masak cumi basah yang begitu nikmat ini, jangan lupa mengajak teman anda dan mencoba memasak cara masak cumi basah bersama sama.

Silahkan baca juga artikel kami sebelumnya mengenai cara membuat nuget ayam sayur
-- --

0 Response to "Cara Masak Cumi Basah"