Latest News

Resep Bubur Ketan Hitam Special Dengan Saus Santan Nikmat

-- --
Resep Bubur Ketan Hitam Special Dengan Saus Santan Nikmat

resep bubur ketan hitam special
Resep bubur ketan hitam special dengan saus santan bubur adalah kuliner yang sangat pas jika disajikan hangat pada saat pagi hari. Rasanya yang sangat lembut serta manis di lidah, kerap membuat banyak orang menjadi ketagihan. Bubur ketan hitam ini sebetulnya sangat simpel sebab bila siang hari dapat ditambahkan es bersama dengan cendol. Ketan sendiri mempunyai dua jenis yaitu ketan hitam dan juga ketan putih. Manfaatnya tentu saja seperti dengan jenis beras yang lain, ketan hitam mengandung banyak karbohidrat yang digunakan untuk energi. Dan mengandung beberapa mineral dan juga mengandung vitamin B. Menu makanan ini banyak disukai, anak-anak, remaja bahkan juga disukai oleh orang dewasa sekalipun.

Baca artikel kami sebelumnya mengenai cara menghias kue ulang tahun untuk pemula

Resep bubur ketan hitam ini adalah sebuah menu makanan ataupun cemilan pada saat waktu santai. Selain menu bubur kacang hijau yang mempunyai rasa manis, bubur ketan hitam ini juga mempunyai citarasa yang manisnya sangat pas. Resep bubur ketan hitam special makanan ini bisa dijadikan sebagai takjil saat buka puasa. Tak hanya rasa manis yang pas, bubur ketan hitam mempunyai tekstur yang begitu pas di lidah. Makanan ini banyak sekali dijual pada pinggiran jalan dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi, tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri. Rasa manis serta gurih dalam makanan ini memang telah menjadi ciri khasnya. Sebab proses pembuatannya telah dipadukan dengan gula dan juga santan. Itulah yang menjadikan makan ini menjadi semakin spesial serta nikmat.

Resep Bubur Ketan Hitam Special

Di dalam membuat hidangan ini tidak sulit, sehingga anda yang belum pernah memasaknya jangan khawatir. Hanya terdapat beberapa cara dan bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit untuk disiapkan. Dalam membuat resep bubur ketan hitam special ini kita memakai beras pulut hitam yang kulit arinya telah dikupas sebagian. Sebab lebih lembut serta cepat dimasak. Pertama kali kita pastikan jika beras tersebut telah benar-benar bersih dari sisa sisa sekam. Apabila anda ingin mencobanya, anda dapat menggunakan panduan dari resep bubur ketan hitam yang akan disajikan berikut.

Bahan Resep Bubur Ketan Hitam Special:
  1. 100 gram beras ketan hitam, rendam terlebih dahulu selama lebih kurang 2 jam, lalu tiriskan.
  2. 2 liter air putih.
  3. ½ sdt garam secukupnya dan gula pasir secukupnya.
  4. 2 lembar daun pandan, ikatlah simpul.
Bahan saus santan resep bubur ketan hitam:
  • 200 ml santan kelapa kental dari kurang lebih 1 butir kelapa yang diparut.
  • 2 lembar daun pandan, yang telah diikat simpul.
  • Garam dapur secukupnya.
Cara membuat bubur ketan hitam

Rebuslah semua bahan yang telah disiapkan untuk membuat bubur, terkecuali gula pasir. Masak resep bubur ketan hitam special sembari diaduk hingga setengah matang dan juga mengental. Tambahkanlah gula pasir, lalu masak sambil diaduk sampai matang dan mengental, angkat. Rebus semua bahan yang sudah disiapkan untuk membuat kuah santan sambil diaduk hingga mendidih. Kemudian matikan api kompor tadi. Letakkanlah bubur ketan hitam pada mangkuk saji. Siramlah dengan kuah yang terbuat dari santan, bubur ketan hitam yang sederhana namun enak siap untuk dihidangkan. Untuk memperoleh hasil masakan yang sempurna jangan lupa agar mengaduk ketan dari awal sampai akhir dengan teratur. Supaya ketan ini tidak lengket di dasar panci sebab bisa menghasilkan rasa serta aroma gosong sewaktu matang nanti.

Bubur ketan ini dapat disajikan dalam keadaan dingin. Apalagi saat cuaca itu sedang panas-panasnya. Hidangan ini cukup bisa melegakan tenggorokan. Akan tetapi, dalam hal penyajian, resep bubur ketan hitam ini tidak harus selalu disajikan dalam keadaan dingin. Bisa juga dalam keadaan panas juga sama lezat dan nikmatnya. Semuanya dapat disesuaikan dengan selera dan juga kondisi cuaca pada waktu membuat. Selain itu anda juga dapat memberikan variasi pada bubur dengan menambahkan dengan potongan buah nangka ataupun buah pisang, semoga resep bubur ketan hitam special yang team resep masakan indonesia tulis dapat bermanfaat.
-- --

0 Response to "Resep Bubur Ketan Hitam Special Dengan Saus Santan Nikmat"