Latest News

Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah

-- --
Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah – Kue rengginang merupakan kue kering resep masakan indonesia yang dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan ampyang. Ampyang ini terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi dan dibentuk menggunakan cetakan. Di daerah pedesaan anda dapat menjumpai makanan ini dengan mudah, rasanya yang gurih dan renyah terkadang kerap membuat kita lupa diri dan tak sadar dapat menghabiskan kue rengginang dalam sesaat.Kue ini juga biasa digunakan sebagai suguhan ketika kita mengadakan acara-acara keluarga seperti arisan, hajatan maupun hari raya seperti lebaran. Kita dapat membuat rengginang dengan berbagai variasi rasa ada asin dan ada juga yang manis. Namun pada kesempatan kali ini kami akan coba untuk membuat rengginang dengan rasa yang asin dan gurih. Baiklah, langsung saja silahkan anda siapkan beberapa bahan yang digunakan terlebih dahulu seperti dibawah ini.

Resep Membuat Kue Kering Rengginang Renyah

Resep Membuat Kue Kering Rengginang Renyah bahan Yang Digunakan :
  • Beras ketan putih 2 liter
  • Minyak 2 kg
  • Air untuk memasak secukupnya
  • Ketumbar ½ sdt
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap rasa 5 gr
Cara Membuat Kue Rengginang Renyah dan cara membuat bolu tape singkong :
  1. Untuk membuat kue rengginang, pertama-tama silahkan anda campur bawang putih, ketumbar, garam dan penyedap rasa. Haluskan keempat bahan tesebut dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Cuci beras dan rendam selama kurang lebih 5 jam. Setelah itu kukus beras ketan dalam kukusan panas selama 10 menit. Jika sudah, angkat lalu campur dengan bumbu yang telah anda buat tadi.
  3. Tuangkan pula air panas sebanyak 500 ml liter, aduk hingga air meresap kedalam beras dan bumbu.
  4. Jika sudah, kukus kembali dengan waktu kurang lebih selama 25 – 30 menit. Angkat dan cetak selagi panas menggunakan cetakan yang berbentuk bulat.
  5. Jemur kue rengginang terlebih dahulu hingga kering agar beras ketan saling menempel. Penjemuran dilakukan kurang lebih selama 3 hari dan jika sudah kering rengginang siap untuk digoreng.
  6. Panaskan minyak secukupnya, usahakan minyak yang digunakan adalah minyak baru dalam jumlah banyak. Jika minyak sudah matang, masukkan rengginang kering tadi sambil diaduk-aduk hingga mengembang lalu angkat dan tiriskan.
Untuk resep bolu kukus pandan membuat kue rengginang memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan karena hal tersebutlah yang kerap membuat orang merasa malas untuk membuatnya. Semoga resep ini dapat membantu anda yang ingin membuat kue rengginang. Selamat Mencoba.
-- --

0 Response to "Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah"